Friday, January 18, 2013

Inilah keistimewaan lebah madu

''Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia.'' (QS. An-Nahl, 16:68)

 Tahukah anda lebah madu bikin area penyimpanan madu dengan wujud heksagonal ? menurut harun yahya, heksagonal adalah sesuatu wujud penyimpanan yang sangat efisien dibanding dengan wujud geometris lain.

Lebah, kata dia, menggunakan wujud yang sangat mungkin mereka menaruh madu didalam jumlah optimal gunakan material yang sangat sedikit.

Beberapa pakar matematika jadi kagum saat tahu perhitungan lebah yang amat cermat, tutur cendekiawan muslim bernama asli adnan oktar ini.

Segi lain yang mempesona yaitu cara komunikasi antar-lebah yang sukar untuk diakui. sesudah mendapatkan sumber makanan, lebah pemadu yang bertugas melacak bunga untuk pembuatan madu terbang lurus ke sarangnya.

Menurut harun, lebah pemadu memberi tahu lebah-lebah yang lain arah sudut serta jarak sumber makanan dari sarang dengan sesuatu tarian spesial.

Sesudah mencermati dengan seksama isyarat gerak didalam tarian tersebut, selanjutnya lebah-lebah yang lain tahu posisi sumber makanan tersebut serta dapat menemukannya tanpa kesusahan.

Lebah menggunakan cara yang amat menarik saat membangun sarang. mereka mengawali membangun beberapa sel area penyimpanan madu dari sudut-sudut yang tidak sama, selanjutnya sampai selanjutnya mereka bersua di dalam.

Sesudah pekerjaan usai, tidak terlihat ada ketidakserasian maupun tambal sulam pada beberapa sel tersebut. manusia tidak dapat bikin perancangan yang prima ini tanpa perhitungan geometris yang rumit ; walau demikian lebah mengerjakannya dengan amat gampang.

Fenomena ini menunjukkan bahwa lebah diberi panduan melewati “ilham” dari allah swt sebagaimana firman allah didalam surat an-nahl ayat 68 diatas.

Sejak jutaan th. yang lantas lebah sudah membuahkan madu sepuluh kali semakin banyak dari yang mereka perlukan. Hanya satu alasan kenapa binatang yang lakukan semua perhitungan dengan terperinci ini menghasilkan madu terlalu berlebih yaitu supaya manusia bisa beroleh faedah dari madu yang memiliki kandungan “obat untuk manusia” tersebut. 

Allah menyatakan tugas lebah ini dalam Alquran:

''Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.'' (QS. An-Nahl, 16: 69)

Tahukah anda perihal faedah madu sebagai di antara sumber makanan yang allah siapkan untuk manusia melewati serangga yang mungil ini ?

Madu tersusun atas sebagian molekul gula layaknya glukosa serta fruktosa dan sebanyak mineral layaknya magnesium, kalium, potasium, sodium, klorin, sulfur, besi serta fosfat. madu juga memiliki kandungan vit. b1, b2, c, b6 serta b3 yang komposisinya berubah-ubah cocok dengan mutu madu bunga serta serbuk sari yang dikonsumsi lebah.

Di samping itu didalam madu ada juga tembaga, yodium serta seng didalam jumlah yang kecil, juga sebagian type hormon.

Sebagaimana firman allah, madu yaitu “obat yang mengobati untuk manusia”. fakta ilmiah ini sudah dibenarkan oleh beberapa ilmuwan yang bersua pada konferensi apikultur sedunia ( world apiculture conference ) yang diadakan pada tanggal 20-26 september 1993 di cina. didalam konferensi tersebut didiskusikan penyembuhan gunakan ramuan yang datang dari madu.

Beberapa ilmuwan amerika menyebutkan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari serta propolis ( getah lebah ) bisa menyembuhkan beragam penyakit. seorang dokter asal rumania menyebutkan bahwa ia coba menggunakan madu untuk menyembuhkan pasien katarak, serta 2002 dari 2094 pasiennya pulih sekalipun.

Beberapa dokter asal polandia juga menyebutkan didalam konferensi tersebut bahwa getah lebah ( bee resin ) bisa menolong mengobati banyak penyakit layaknya bawasir, penyakit kulit, penyakit ginekologis serta beragam penyakit yang lain. 

0 comments:

Post a Comment