Monday, January 14, 2013

Mengawali beternak lebah madu

Untuk permulaan ternakan lebah madu ini, sedikit yang butuh disiapkan. Kita cuma butuh beli koloni lebah madu dari penternak lebah madu. Umumnya pembelian koloni ini dibikin pada saat malam serta dilengkapi dengan kotak, kasa serta penutupnya. Bikin sesaat waktu, kita tak perlu beli koloni lebah madu didalam jumlah terlampau banyak, serta tidak juga terlampau sedikit. Didalam penyediaan kotak koloni lebah madu, umumnya butuh dibikin tiang ( kayu/besi ) supaya kotak tidak menyentuh tanah.


Untuk membuahkan keuntungan yang optimum dari penternakan lebah madu ini, penternak lebah madu mesti memiliki sedikitnya 100 kotak koloni lebah madu. 

Beberapa langkah untuk menambah jumlah koloni lebah madu adalah :
  1. Lokasi ternakan : lokasi yang disukai lebah yaitu area terbuka. juga tiada problem sekiranya dibawah pokok atau di lokasi panas terik, jauh dari keramaian serta banyak ada bunga. Dengan jumlah lokasi pemakanan yang memenuhi ini, ratu lebah bisa membuahkan semakin banyak telur serta lebah pekerja juga lebih giat bikin sarang baru.
  2. Suhu yang ideal : cocok didalam lebih kurang 26-30°c. di lereng pergunungan/dataran tinggi yang bersuhu normal ( 25°c ).
  3. Penyediaan ratu lebah madu yang baru : untuk diletakkan didalam koloni lebah madu yang baru.
  4. Mengasingkan atau memisahkan koloni lebah madu : koloni lebah madu yang telah padat, dapat dipisahkan serta ditempatkan ke didalam kotak koloni lebah madu yang baru serta meletakkan ratu lebah baru atau ratu lebah yang sedia ada ke kotak koloni tersebut.

0 comments:

Post a Comment