Sunday, January 6, 2013

Mengenal lebah madu

Lebah madu yaitu serangga sosial kaya manfaat, seluruh yang dihasilkan oleh lebah madu dikenal bermanfaat untuk kesehatan. didalam klasifikasi dunia binatang, lebah dimasukkan didalam ordo hymenoptera yang berarti “sayap bening”. didalam ordo ini ada 100. 000 species serangga, terhitung lebah, tawon, semut serta rayap.

Di dunia ada 7 species lebah madu yang telah diketahui, yakni : apis dorsata, apis laboriosa, apis mellifera, apis florea, apis andreniformis, apis cerana serta apis koschevnikovi. Terakhir ini ditemukan lagi species lebah madu baru yakni apis nigrocincta di sulawesi serta apis nuluensis di kalimantan. Dengan ditemukannya dua species baru, type lebah yang sudah dilaporkan ada sembilan.

Apis dorsata ( lebah raksasa, lebah rimba, tawon gung, odeng, madu sialang ) yaitu lebah madu yang hidupnya tetap liar. lebah madu ini tetap sukar dibudidayakan dikarenakan tak hanya karakternya yang agresif serta galak, lokasi area sarangnya kerap ada di area yang amat tinggi. Sarangnya dapat ditemukan bergantung di cabang pohon, loteng, atau bukit batu yang terjal. satu koloni menghuni sesuatu sisiran yang ukurannya dapat amat besar. pada satu pohon dapat ada 5 – 10 koloni. Product utama apis dorsata yaitu madu serta malam dengan produksi madu meraih 10 -20 kg per koloni per panen. Apalagi, dari sarang yang besar produksinya dapat meraih 30kg. Madu yang dihasilkan diberi nama madu rimba.

Lebah berwarna hitam ini bisa tinggal di dataran 0 – 1000 mtr. dpl serta cuma berkembang di kawasan subtropis serta tropis asia layaknya indonesia, philipina serta negara-negara asia yang lain. Madu rimba dimaksud juga madu multiflora, dikarenakan terbuat dari berbagai macam bunga tanaman yang berbeda. biasanya madu rimba berwarna coklat kehitaman, perihal ini dikarenakan madu rimba banyak memiliki kandungan mineral, enzin serta beragam zat berguna yang lain yang lebih lengkap apabila dibanding dengan type madu lain yang warnanya lebih terang.

0 comments:

Post a Comment