Sunday, January 13, 2013

Cara yang tepat beternak lebah madu

Untuk yang pingin mengawali usaha ternak lebah madu, ada bermacam type lebah madu yang layak dibudidayakan. Diantaranya, lebah dari type lebah rimba ( apis dorsata ), lebah lokal ( apis cerana ), serta lebah unggul ( apis mellifera ). Lebah unggul, cocok namanya, yang sangat disenangi pasar. type ini lebih produktif dibanding lebah lokal, juga lebih jinak. racun pada sengatnya amat pas untuk penyembuhan beragam penyakit. Lebah yang dibudidayakan oleh umumnya peternak didunia ini, awalannya, datang dari daratan eropa.

Modal yang dibutuhkan didalam beternak lebah madu yaitu knowledge base didalam beternak lebah madu. Adapun investasi modal terus yang dibutuhkan didalam aktivitas budidaya lebah madu sepanjang sebagian periode pemanenan yaitu alat-alat produksi serta koloni lebah madu sekurang-kurangnya 40 kotak--idealnya yaitu 100 kotak koloni lebah madu--.

Penentuan bibit lebah madu type unggul

tanda-tanda bibit lebah madu mutu super :
1. memiliki ratu lebah yang, dengan fisik, bagus serta berumur pada 3 bln. hingga 1 th..
2. jumlah serta mutu telur, yang dihasilkan ratu lebah, banyak.
3. hasil panen semakin banyak, baik hasil madu, bee pollen, royal jelly, serta propolis.
4. larva lebah yang dihasilkan lebih fresh.
5. lebah umumnya lebih agresif.

Memperbanyak koloni lebah madu

Didalam beternak lebah madu supaya membuahkan keuntungan yang maksimal, seorang peternak lebah madu mesti mempunyai--minimal--100 kotak koloni lebah madu.

Beberapa langkah untuk menambah jumlah koloni lebah madu yaitu seperti berikut.
1. gembalakan lebah madu pada lokasi yang di sana ada pakan cukup banyak. dengan tersedianya pakan yang cukup maka ratu lebah dapat semakin banyak membuahkan telur serta lebah pekerja juga lebih giat bikin sarang baru.
2. mempersiapkan calon ratu lebah madu untuk diletakkan didalam koloni lebah madu yang baru.
3. memisahkan koloni lebah madu yang telah padat ke didalam kotak koloni lebah madu yang baru, serta meletakkan calon ratu lebah baru atau ratu lain yang telah lantas.

Bikin calon ratu lebah

1. ambillah larva lebah madu yang baru menetas ; umur 1 hari.

2. masukan ke didalam satu potong frame royal jelly.

3. frame royal jelly yang telah terisi larva lebah madu diletakkan pada kotak super ( kotak lebah madu yang diisi koloni lebah madu, sekurang-kurangnya 2 tingkat ).

4. sekat/pisahkan kotak super lebah madu tersebut, ratu lebah ada di kotak bawah, serta frame royal jelly calon ratu lebah madu diletakkan pada kotak atasnya. karena, ratu lebah madu tidak dapat mendekati calon ratu lebah madu.

5. diamkan sepanjang 11 hari hingga calon ratu lebah jadi kepompong.

6. sesudah sebelas hari, calon ratu lebah dipindahkan ke kotak lebah yang besisi koloni lebah tanpa ada ratunya.

7. sesudah 13 hari, calon ratu lebah keluar kepompong serta segera diangkat jadi ratu lebah oleh koloni lebah tersebut

8. umumnya, sesudah 1 minggu, ratu lebah siap untuk kawin serta mengembangkan koloni lebah yang baru di area tersebut.

Peralatan beternak lebah madu

1. kotak lebah, yang disebut area koloni lebah madu, terbuat dari kayu suren atau mahoni ;
2. alat pengasap untuk menjinakan lebah madu yang agresif ;
3. masker pelindung serangan lebah madu ;
4. pengungkit sisiran ;
5. sikat sisiran lebah madu ;
6. sisiran yang terbuat dari rangka kayu serta di dalamnya diberi kawat sebagai penahan landasan sarang lebah madu ;
7. pollen trap untuk panen bee pollen ;
8. frame royal jelly untuk panen royal jelly serta bikin calon ratu lebah ;
9. ekstraktor untuk panen madu.

Penggembalaan lebah madu

Pada bln mei sampai september yaitu periode peternak lebah menggembalakan lebah madunya ke perkebunan-perkebunan yang sediakan pakan lebah madu cukup banyak.

Peternak lebah madu di pulau jawa, biasanya, menggembalakan lebah madu ke perkebunan karet, kapuk, rambutan, lengkeng, mangga, kopi, serta duwet, hingga dihasilkan madu menurut spesifikasi type bunga.

Pada bln. mei hinga september inilah waktu peternak lebah madu nikmati manisnya pendapatan dari hasil lebah madu, layaknya : madu dari beragam type bunga, bee pollen, serta royal jelly.

Sesudah bln. september, peternak lebah madu alami periode paceklik, dikarenakan musim madu sudah melalui. untuk menutupi cost perawatan lebah madu, biasanya, peternak menggembalakan lebahnya ke perkebunan jagung. disini, peternak lebah madu bisa membuahkan bee pollen jagung serta royal jelly.

Hambatan yang biasa dihadapi peternak lebah madu

1. factor alam ( cuaca ).

th. 2007, banyak peternak lebah madu yang gulung tikar akibat cuaca yang tidak menentu. sebagai perumpamaan, situasi yang dihadapi peternak lebah yang pada th. pada mulanya umumnya dapat memanen madu kelengkeng lebih kurang bln. september. dengan anggapan tersebut, peternak lebah madu dapat menggembalakan lebahnya ke tempat ambarawa. tetapi, akibat cuaca yang tidak menentu, nyatanya pohon kelengkeng gagal berbunga.

peternak yang telah terlanjur membawa koloni lebahnya ke area tersebut pasti dapat rugi besar. tak hanya cost tarnsportasi yang mahal, juga banyak lebah yang mati kelaparan.

2. lingkungan penduduk.

penduduk indonesia banyak yang berasumsi peternak lebah madu sebagai hama tanamannya, hingga beberapa penduduk dapat mengusir peternak lebah madu yang masuk ke area perkebunannya. bila lalu diizinkan, sewa tempat sebagai area beternak lebah amat mahal.

Perihal ini pasti amat tidak sama dengan peternak lebah madu di luar negeri. peternak lebah justru dicari untuk menolong penyerbukan perkebunan serta diberi upah dikarenakan sudah menolong menambah hasil produksi pertaniannya.

Syarat untuk sukses didalam usaha ini cukup hanya menimba pengetahuan serta mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki perihal kehidupan koloni lebah. contohnya :
- suhu ideal yang pas untuk lebah yaitu lebih kurang 26 derajat c. pada suhu ini, lebah bisa melakukan aktivitas normal.
- pada suhu diatas 10 derajat c, lebah tetap melakukan aktivitas.
- kehidupan koloni di lereng pegunungan/dataran tinggi yang bersuhu normal ( 25 derajat c ).
- lokasi yang disukai lebah yaitu area terbuka, jauh dari keramaian, serta banyak ada bunga sebagai pakannya.

1 comments:

  1. panduannya sangat bagus Sob, tapi ungkin akan lebih bagus lagi jika diberikan ilustrasi / gambar biar penjelasannya lebih rinci dan kita tahu apa yang harus kita lakukan, makasyih

    ReplyDelete