Wednesday, January 9, 2013

Lebah Pekerja

Lebah pekerja biasa dimaksud juga sebagai lebah betina, lebah inilah yang mempunyai tanggung jawab pekerjaan selama hidupnya. Ukuran tubuh lebah pekerja lebih kecil dari pada lebah ratu serta lebah jantan. Wujud tubuhnya ramping warnanya hitam kecoklatan serta ekornya memiliki sengat yang lurus serta berduri. Dengan sengatnya lebah pekerja membuat perlindungan sarangnya serta menyerang siapa saja yang menggangu.

Lebah pekerja memiliki tanggung jawab pekerjaan yang berlainan seuai dengan usia lebah pekerja tersebut. Sesaat sesudah keluar dari kepompong larva lebah pekerja segera memiliki tanggung jawab untuk bersihkan sarang lebah dari kotoran-kotoran, saat berusia 3-10 hari lebah pekerja ini membuahkan royal jelly yang amat diperlukan larva lebah serta ratu lebah.

Royal jelly dihasilkan lebah muda sesudah lebah tersebut mengkomsumsi madu serta bee pollen. royal jelly di hasilkan dari kelenjar lebah yang ada di lebih kurang leher lebah tersebut.

Lebah muda ini lantas bertugas berikan makan larva serta ratu lebah. butuh diketahui ratu lebah mengonsumsi royal jelly selama hidupnya.

Sesudah lebah pekerja berumur lebih kurang 3 minggu, lebah memiliki tugas baru diluar sarangnya yakni bertugas melacak nectar bunga yang dapat diolah jadi madu serta tepung sari bunga yang diolah jadi bee pollen.

Lebah terbang melacak pollen serta madu hinggapi beribu-ribu bunga yang tengah merekah. lebah menghisap setetes nectar dengan alat hisapnya serta menyimpannya ke didalam kantong madu yang ada didalam tubuhnya.

Untuk beroleh lebih kurang 375 gr madu, maka lebah mesti mondar mandir sejumlah 75. 000 kali untuk mengambil nectar. untuk jumlah madu yang dihimpun sejumlah itu lebah pekerja meniti jarak terbang yang setara dengan 4-6 kali keliling bumi. Pikirkan begitu sibuknya sesuatu koloni lebah. lebah madu bisanya melacak nectar yang berjarak lebih kurang 3 km dari sarangnya.

0 comments:

Post a Comment